retinol untuk rambut rontok scaled
Skin Care

Nggak Hanya untuk Wajah, Retinol Juga Bisa Bantu Mengatasi Rambut Rontok!

Tahu nggak sih, ternyata retinol yang diandalkan untuk anti-aging juga bisa bantu merawat rambut yang rontok, lho!

Kamu pasti sudah kenal banget sama ingredient retinol, kan? Yup, kandungan yang satu ini digadang-gadang bagus untuk bantu merawat kulit yang sudah mulai muncul tanda penuaan seperti garis halus, keriput, dan lain-lain. Kalau pakai retinol, rasanya kulit jadi lebih fresh dan plumpy. Eitss, tapi ternyata retinol nggak hanya bisa dipakai untuk kulit wajah, melainkan bisa dipakai di kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok. Penasaran kan, apa saja manfaatnya dan gimana cara pakainya? Simak artikel berikut ini, ya!

Baca juga: Awet Muda di Usia 40-an, Intip 3 Serum dengan Ekstrak Bunga yang Kaya Antioksidan!

Manfaat retinol untuk rambut rontok

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Biological and Pharmaceutical Bulletin, retinol bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, khususnya pada kasus androgenetic alopecia (kebotakan). Namun, sebaiknya retinol ini tetap dikombinasikan dengan minoxidil yang merupakan obat untuk merangsang pertumbuhan rambut di kepala.

retinol untuk rambut rontok

Sebelum kamu mencobanya, kamu juga perlu mengetahui kalau siklus pertumbuhan rambut terdiri dari anagen (fase pertumbuhan), katagen (fase transisi antara pertumbuhan dan berhentinya pertumbuhan rambut), telogen (fase istirahat), dan eksogen (fase dimana rambut lama rontok). Nah, kombinasi antara retinol dan minoxidil ini akan membantu memperpanjang tahap pertumbuhan (fase anagen), sehingga memungkinkan pertumbuhan rambut yang lebih banyak juga dibandingkan sebelumnya.

Seorang dermatologist di New York yaitu dr. Debra Jaliman, M.D., juga mengatakan kalau retinol yang merupakan turunan vitamin A ini akan meningkatkan penetrasi minoxidil pada kulit kepala, sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut.

Baca juga: Penasaran, Gimana Wanginya Dian Sastrowardoyo? Intip 6 Parfum Favoritnya!

Efek samping penggunaan retinol di rambut

Kandungan yang satu ini memang bisa menyebabkan efek samping ketika dipakai di wajah. Begitu pula pada rambut, retinol juga bisa menimbulkan side effect ketika digunakan. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, kamu perlu mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu.

Beberapa efek samping yang bisa terjadi yaitu kulit kepala iritadi, kemerahan, serta dapat mengubah tekstur rambutmu. Kamu juga perlu mengetahui kalau penggunaan retinol bisa menyebabkan kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen di area kulit kepala jadi hal yang wajib dilakukan!

Baca juga: Ini 4 Tempat Staycation Seru di Sekitar Jakarta yang Layak Kamu Coba!

retinol untuk rambut rontok 2 scaled

Hal yang perlu diketahui sebelum memakai retinol pada rambut

Eitss, sebelum kamu mengandalkan retinol untuk mengatasi rambut rontok, kamu harus mengetahui kalau nggak semua kasus rambut rontok bisa diatasi dengan retinol. Jadi, retinol memang nggak selalu direkomendasikan untuk dipakai di rambut, lho. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab terjadinya kerontokan rambut. Dari situ, kamu bisa menentukan perawatan rambut apa yang paling tepat untukmu. Kalau kasus rambut rontok yang kamu miliki sudah makin parah, jangan lupa untuk konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan yang benar, ya!

Itu dia beberapa hal seputar penggunaan retinol pada rambut. Ternyata, ingredient ini punya sederet manfaat yang kece, ya?

 

Image: Freepik



Source link

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *