tanda kolagen berkurang 5 scaled
Skin Care

Kekurangan Kolagen di Usia 40-an? Ini Dia Tanda-Tanda yang Akan Terjadi!

Apakah kolagen menurun pada usia 40? Tentu saja! Untuk mengatasinya dengan baik, Anda harus mengetahui tanda-tandanya!

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin berkurang. Apalagi saat mendekati usia 40 tahun, jumlah kolagen dalam tubuh Anda tidak akan setinggi saat Anda berusia 20 tahun. Oleh karena itu, kekurangan kolagen dalam 40 tahun akan menyebabkan banyak perubahan. Sebelum menyebabkan penampilan Anda semakin berubah dan kesehatan Anda semakin memburuk, simak dulu beberapa tanda yang akan Anda alami saat kekurangan kolagen agar Anda bisa mengatasinya dengan baik!

Baca juga: Berikut adalah 3 alasan mengapa Anda tidak bisa menghilangkan uban!

Kelembutan kulit wajah dan munculnya kerutan

defisiensi kolagen pada usia 40

Gambar oleh Freepik

Salah satu kekurangan kolagen yang paling populer dan sangat mencolok adalah wajah yang lembek dan munculnya kerutan. Semua ini terjadi karena kolagen sendiri berperan penting dalam kekenyalan kulit. Sehingga seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen akan berkurang dan mulai rusak dan mengeras, yang juga akan menyebabkan penurunan elastisitas kulit. Akibatnya, muncul tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan, garis halus, dan kekenduran kulit.

Baca juga: Bingung memilih olahraga yang aman untuk usia 40 tahun? Inilah garis seleksi!

Penipisan rambut

tanda kolagen berkurang 1 scaled

Gambar oleh pengguna benzoix di Freepik

Jangan salah, kolagen tak hanya memengaruhi penampilan wajah, tapi juga bagian tubuh lainnya, seperti rambut. Ketika Anda kekurangan kolagen di usia 40-an, salah satu tandanya adalah rambut menipis karena rambut rontok. Hal ini karena kolagen yang mengelilingi folikel rambut berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut, memberikan nutrisi dan melawan radikal bebas. Sehingga ketika kolagen rusak dan berkurang, pertumbuhan rambut juga akan terhambat dan terjadi penipisan rambut.

Nyeri sendi

tanda kolagen berkurang 2 scaled

Gambar oleh stefamerpik di Freepik

YaSendi juga merupakan salah satu bagian yang akan terpengaruh ketika terjadi penurunan kolagen. Selain menjaga elastisitas kulit, kolagen juga berperan dalam meningkatkan elastisitas jaringan ikat dan tulang rawan. Keduanya juga berperan dalam kelenturan sendi Anda, membuatnya lebih mudah untuk bergerak. Jadi, dengan kekurangan kolagen, tulang rawan bisa rusak dan nyeri sendi bisa terjadi.

Baca juga: Produksi kolagen menurun pada usia 40 tahun. Coba 5 Produk Ini Agar Kulit Tetap Awet Muda!

Nah, berikut beberapa tanda yang akan muncul saat Anda kekurangan kolagen di usia 40-an. Ya, masalah ini sulit dihindari. Namun, Anda bisa menjaga tubuh agar masalah tersebut tidak muncul terlalu cepat, misalnya dengan mengonsumsi makanan yang menjaga kekenyalan kulit. Gaya hidup Baiknya jangan merokok, lindungi kulit dari sinar UV, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kolagen dalam tubuh.

Sekarang kamu sudah tahu tanda-tanda rendahnya kandungan kolagen dalam tubuh? Jadimulai sekarang jangan lupa jaga kulit dan tubuh ya!

Gambar: Freepik



Source link

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *