Kebaya Dian Sastrowardoyo di Gadis Kretek 9
Makeup

Intip Cerita di Balik Lipstik Merah Dasiyah yang Ikonis di ‘Gadis Kretek’!

Melalui beberapa fase di serial ‘Gadis Kretek’, ternyata ada cerita di balik makeup yang dipakai oleh Dasiyah! Penasaran, seperti apa?

Rasanya, euforia ‘Gadis Kretek’ masih berlangsung hingga kini. Padahal, serial ini sudah tayang 3 pekan lalu, tapi masih banyak banget diperbincangkan oleh netizen. Tentu saja, Dasiyah yang diperankan Dian Sastrowardoyo jadi topik utama yang paling sering dibahas. Kisahnya yang menyedihkan, serta penampilannya dengan kebaya dan lipstik merah pun sangat mencuri perhatian. Nah, ternyata, ada cerita di balik penggunaan lipstik merah Dasiyah, lho! Tapi, sebelum spill tentang lipstik merahnya, saya bakal kupas tuntas seputar makeup look-nya terlebih dahulu!

Baca juga: Kupas Tuntas Outfit Dasiyah bersama Costume Designer, Hagai Pakan!

Makeup Dasiyah yang mewakili 3 fase kehidupan

Dalam serial ‘Gadis Kretek’, Dasiyah mengalami beberapa fase kehidupan, mulai dari ketika dirinya masih berada di rumahnya dan menjadi mandor untuk pabrik kreteknya, ketika ia ditangkap, serta ketika Dasiyah sudah kembali ke rumah bersama ibu dan adiknya.

Saat tinggal di rumah Pak Idroes

makeup dasiyah gadis kretek

Ketika ia masih berada di rumahnya, Dasiyah memiliki karakter yang menggebu-gebu untuk mendapatkan apa yang diimpikan selama ini, yaitu membuat saus kretek. Dengan karakter tersebut, akhirnya terciptalah makeup yang cantik, tapi nggak terlihat menggunakan banyak makeup. Makeup Dasiyah lebih fokus pada complexion yang pas, serta menggunakan contour dan bronzer untuk mempertegas bone structure Dian Sastrowardoyo.

Saat penangkapan

makeup dasiyah 3

Pada saat dirinya ditangkap, tentu penampilannya jauh berbeda dengan saat ia berada di rumah. Konsep makeup yang dipilih untuk momen tersebut juga lebih berfokus untuk memperlihatkan kondisi Dasiyah yang seadanya dan nggak terawat. Sehingga, makeupnya dibuat lebih tirus agar memberi kesan ‘lemah’ secara fisik.

Baca juga: 3 Fakta Menarik Dasiyah yang Diperankan Dian Sastrowardoyo!

Saat kembali bersama ibu dan adiknya

makeup dasiyah 2

Ketika Dasiyah kembali dari penangkapan dan bertemu lagi dengan ibu serta adiknya, ia pun memulai hidupnya kembali. Meski belum sepenuhnya bangkit, Dasiyah mencoba menata hidupnya yang sebelumnya bisa dibilang hancur. Nah, makeup yang dipakai pun menyesuaikan dengan keadaannya, yaitu dibuat lebih kurus, namun lebih terawat dibanding sebelumnya.

Gaya rambut Dasiyah jadi pembeda pada setiap fase

dasiyah di gadis kretek

Salah satu part yang jadi pembeda pada setiap look Dasiyah adalah gaya rambutnya. Ternyata, saat ia masih berada di rumah Pak Idroes, ia selalu menyematkan bunga melati di rambutnya. Namun ketika ditangkap, Dasiyah sudah nggak pernah mengenakan melati putih lagi di rumahnya. Melati putih tersebut juga merepresentasikan rumahnya yang membuat ia merasa nyaman. Nah, momen terakhir ketika Dasiyah menggunakan melati putih adalah saat datang ke pernikahan Soeraja dan Purwanti.

Baca juga: Ini Dia Kisah di Balik Warna Kebaya Dian Sastrowardoyo di ‘Gadis Kretek’!

Lipstik merah yang mencerminkan karakter Dasiyah

Kebaya Dian Sastrowardoyo di Gadis Kretek 8

Penampilan Dasiyah dengan lipstik merah memang sangat ikonis. Lipstik merah inilah yang membuat karakternya tampak strong. Menurut sang MUA, lipstik merah ini juga digunakan untuk memberi simbol bahwa Dasiyah tetap berusaha kuat untuk melanjutkan hidupnya.

makeup dasiyah di gadis kretek

Penasaran kan, apa lipstik yang ia pakai? Produknya adalah Besame Cosmetics Red Hot Red Lipstick – 1959. Lipstik ini dipilih karena memiliki warna merah yang sangat mirip dengan lipstik merah yang diproduksi pada tahun tersebut.

Yup, itu dia cerita tentang makeup yang dipakai Dasiyah di serial ‘Gadis Kretek’. Kamu salfok juga nggak sih sama red lips ala Dasiyah? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Brand, Instagram @netflixid @therealdisastr



Source link

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *