iStock 1303539316
Hair Care

Fakta Tentang Uban, Serta Rekomendasi Potongan Rambut Beruban yang Keren!

Semakin banyak orang yang semakin percaya diri dengan penampilan uban di rambut mereka. Tetapi ini tidak berarti bahwa itu tidak diobati dan penyebabnya tidak diselidiki. Yuk simak penjelasan ahlinya kali ini.

Masalahnya bukan hanya rambut rontok dan ketombe, tapi juga rambut beruban. kecemasan rambut yang sering dialami oleh semua orang. Dia mengatakan jika Anda memiliki uban, jangan mencabutnya! Karena katanya bisa bikin uban makin banyak. Hm, kira-kira benar? Daripada tambah bingung, ada baiknya simak penjelasan Dr. Wilson tentang uban. Arini Widodo, SpKK, tentang tumbuhnya uban di rambut kita.

Ini Penyebab Munculnya Uban dan Cara Mengatasinya03

Apa itu uban?

Uban tumbuh karena perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih. Ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia, jadi itu normal. Sebagai aturan, uban muncul pada orang di usia 50 tahun. Menurut dr. Arini, setiap rambut memiliki folikel atau kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit rambut. Folikel rambut ini memiliki melanosit yang menghasilkan sel pigmen yang disebut melanin. Melanin inilah yang memberi warna pada rambut. Namun, selama proses penuaan, terjadi penurunan fungsi melanosit yang berujung pada penurunan atau hilangnya pigmen rambut (melanin).

Baca juga: Cara mengatasi guratan pada kulit akibat paparan sinar matahari

Faktor pertumbuhan rambut abu-abu

Proses penuaan ini dapat disebabkan oleh faktor internal (atau fisiologis) dan faktor eksternal. Faktor internal ini mengacu pada faktor genetik setiap orang. Sedangkan faktor eksternal berhubungan dengan radiasi ultraviolet, polusi udara, merokok, kekurangan nutrisi dan gaya hidup.

Prematur rambut putih atau uban prematur, bisa terjadi jika Anda mengalaminya sebelum usia 25 tahun pada orang Asia, 20 tahun pada orang Kaukasia, dan 30 tahun pada orang Afrika. Sebagian besar biasanya disebabkan oleh faktor/kelainan genetik. autoimunmenyukai vitiligo, anemia pernisiosaDan Sindrom Werner.

Ini Penyebab Munculnya Uban dan Cara Mengatasinya 4

Lalu adakah cara mencegah uban di usia dini?

Rambut beruban akibat penuaan dini dapat dikaitkan dengan faktor lingkungan seperti sinar UV, merokok, polusi udara, kekurangan gizi, dan gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh, yang akan menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif ini dapat merusak melanosit yang menghasilkan pigmen yang memberi warna pada rambut.

Kekurangan nutrisi akan menyebabkan kekurangan vitamin. Satu studi di India menemukan bahwa orang dengan rambut beruban prematur memiliki kadar vitamin B12 yang rendah dalam darah mereka. Studi lain menemukan hubungan dengan rendahnya tingkat zat besi, D3, kalsium, seng, tembaga. Namun, hasil penelitian ini masih perlu dikonfirmasi dengan penelitian dengan ukuran sampel yang lebih besar. Oleh karena itu, makan makanan yang sehat, seimbang, dan mengurangi paparan radikal bebas dapat mencegah penuaan dini yang menyebabkan uban.

Faktor lain yang memicu munculnya uban adalah stres. Oleh karena itu, gaya hidup seimbang dan menghilangkan stres akan membantu mencegah rambut beruban. Penuaan dini dapat dicegah, namun rambut yang telah kehilangan kemampuannya untuk memproduksi sel pigmen tidak dapat dipulihkan kembali.

Ini Penyebab Munculnya Uban dan Cara Mengatasinya

Tidak ada vitamin untuk mengatasi masalah ini.

Maaf, sejauh ini tidak ada rekomendasi. aditif khusus untuk mengatasi masalah ini. Mengingat kajian yang telah dilakukan masih relatif kecil, dan belum berskala besar. nyatanya peduli atau terapi anti penuaan secara umum dapat bermanfaat dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada rambut. Saat ini pengobatan uban masih terus dikembangkan dan belum ada terapi yang terbukti efektif untuk menghitamkan uban.

Tidak hanya di kepala, uban bisa muncul di mana saja

rambut abu-abu tumbuh tidak hanya di kepala, sehingga semua bagian tubuh yang memiliki rambut perlahan bisa memutih. Contohnya antara lain rambut atau rambut pada kemaluan, ketiak, janggut dan dada pada pria.

Mitos atau fakta, jika anda mencabut uban maka akan tumbuh banyak uban baru?

Mitos! Mematikan rambut abu-abu tidak akan membuatnya tumbuh lagi. Seperti yang sudah disampaikan oleh dr. Arini di atas, uban muncul akibat penurunan atau hilangnya kemampuan sel menghasilkan pigmen warna pada folikel rambut. Faktanya, setiap folikel rambut hanya menghasilkan satu helai rambut.

Jadi, jika Anda mencabut satu uban, maka uban yang sama akan muncul kembali. Nah, kebiasaan mencabut uban terlalu sering bisa mengakibatkan luka pada folikel rambut. Efek cedera berulang pada folikel rambut dapat menyebabkan infeksi, jaringan parut, atau kebotakan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menghilangkan uban, lebih disarankan untuk memotong helaiannya.

Tips potong rambut keren

LAINNYA

Nah, ngomong-ngomong soal memotong uban, ada beberapa pilihan yang menarik dan hasilnya kamu akan terlihat lebih keren.

1. Rambut dengan poni dapat membuat uban kita terlihat lebih muda dan lebih gaya. Agar rambut tidak dipotong terlalu pendek, disarankan untuk berkonsultasi dengan stylist yang akan membantu Anda memilih panjang poni yang paling sesuai dengan bentuk wajah.

2. keritingkan rambutmu bisa membuat uban kita terlihat seperti highlight yang indah! Jika Anda memiliki rambut keriting alami, yang harus Anda lakukan adalah memaksimalkan tampilan dengan texturizing spray.

3. bob samping itu juga bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Potongan rambut ini akan tetap membuat kita terlihat segar tanpa terlalu ekstrim. Anda juga bisa terlihat lebih muda dengan membelah poni di samping.

Masih belum menemukan gaya Kanan? Lihat potongan rambut lain untuk rambut beruban di sini.

Gambar: Alexandra Tran, Natasha Brazil, Adam Kaz untuk Istock, Tempura untuk Istock



Source link

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *