close up portrait annoyed asian woman with closed eyes holding her head
Hair Care

4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Ketombe Tak Terduga

Selain dermatitis seboroik dan penumpukan sebum, apakah ada penyebab ketombe lainnya?

Ketombe biasanya merupakan istilah untuk sel kulit mati yang terlepas dari kulit kepala. Secara medis, ketombe sebenarnya bukanlah kondisi yang serius atau menular. Namun terkadang kondisi ini masih dianggap agak tabu karena bisa menimbulkan keraguan diri. Apalagi jika ketombe terlihat, menumpuk di atas kepala atau berjatuhan di pundak.

Kulit kepala yang “terjebak” di rambut bisa disebabkan oleh berbagai sebab, Kamu tahu. Di luar infeksi dermatitis seboroik, kulit kering atau penumpukan sebum, serta berbagai faktor lainnya, juga bisa menjadi penyebab ketombe. Baca terus untuk mengetahui apa saja penyebab ketombe lainnya!

Baca juga: Pewarna rambut inovatif bebas amonia yang lembut di kulit kepala

Tidak membilas sampo sepenuhnya

close up portrait young pretty woman taking shower

Mencuci rambut terlalu cepat dapat menyebabkan Anda tidak benar-benar membilas sampo. Itu juga menyebabkan pengelupasan karena bengkak di kulit kepala atau akumulasi pada kulit kepala. Akibatnya, ketombe muncul di tempat-tempat yang Anda lupa bersihkan secara menyeluruh dan mengganggu hari Anda. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan keramas Anda dengan baik dan siapkan waktu yang cukup agar Anda tidak keramas dengan terburu-buru.

Kenakan topi atau helm

elegance portrait young stylish woman black hat

Jika peka terhadap asam oleatAnda mungkin lebih rentan berketombe jika memakai topi atau helm, terutama dalam jangka waktu lama saat cuaca panas dan kepala basah oleh keringat. Ini karena keadaan ini adalah favorit mikroba. malassesia bulat hidup di kulit kepala hampir semua orang. Bagi orang yang kulit kepalanya lebih sensitif, akan lebih cenderung bereaksi. asam oleat dihasilkan oleh mikroba tersebut. Kulit kepala mungkin terasa gatal, iritasi, dan muncul ketombe. Jadi, jika kondisi kulit kepala berubah menjadi tempat yang nyaman untuk Malaysia tumbuh, perlu diwaspadai munculnya ketombe.

Menggaruk berlebihan

happy attractive woman showing her brush without hair strand touching healthy long hairstyle with pleased face smiling delighted with shampoo result blue background

Siapa yang ingin memiliki rambut kusut? Meski ingin rambut selalu terlihat rapi dan indah, jangan menyisirnya terlalu keras. Menurut Healthline, orang dengan kulit kepala sensitif bisa berketombe karena terlalu banyak menyikat. Ini karena banyak gesekan antara sisir dan kulit kepala. Jika rambut Anda selalu kusut hanya karena ditekuk atau ditata, cukup sisir rambut kusut tersebut.

peka terhadap bahan

dark haired lady happily smiles posing isolated wall with bottles shampoos

Ada banyak produk perawatan rambut di pasaran. Mulai dari sampo, kondisioner, masker, serum, Toniksebelum menggosok Meskipun. Bagaimana penikmat kecantikan, Tidak apa-apa jika Anda tertarik untuk mencoba semuanya. Namun, jika ternyata kulit kepala Anda termasuk yang paling sensitif, Anda justru bisa menyebabkan ketombe. dermatitis kontak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala akibat paparan bahan kimia atau zat lainnya. Selain itu, gejala lainnya adalah kulit kepala kering dan terkelupas. bersisik sehingga akhirnya menjadi ketombe. Jika kepala Anda berketombe akibat penggunaan shampo anti ketombe, bisa jadi karena kulit Anda terlalu sensitif terhadap salah satu kandungannya. Untuk mencegahnya menjadi lebih buruk, hentikan penggunaan produk yang menyebabkannya. Hindari juga menggaruk kulit kepala yang teriritasi.

Baca juga: Rambut kering dan rusak? Simak tips perawatan rambut agar rambut lembut!

Nah, berikut beberapa penyebab ketombe yang tidak terduga! Apakah Anda juga memiliki masalah ketombe? Membagikan Mari kita komentari pengalaman Anda dengan ketombe.

Gambar-gambar: Dokter. Pilihan bebas



Source link

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *